Sistem Informasi Strategis

STRATEGIC INFORMATION SYSTEMS (SIS)

Era IT Pada Dunia Bisnis
1. Pengertian

·        Sistem Informasi dapat mempengaruhi aktivitas bisnisperusahaan secara keseluruhan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam persaingan bisnis dengan perusahaan lainnya.
·        Sistem Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai:
          a) Jaringan Kompetitif virtual,
          b) Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.
2. Ciri-ciri Sistem Informasi Strategis (SIS)
Ø 1) Untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
    2) Hanya untuk waktu tertentu
Ø Inovasi yang menjawab kebutuhan customers
Inovasi:
1)    Otomatisasi (Subtitusi dari tradisional ke modern)
2)    Improvement (Mengembangkan/Meningkatkan)
3)    Re-engineering (Rekayasa ulang)


3. Dasar Sistem Informasi Strategis (SIS) “Fundamentals of Strategic Information
    Systems”

What’s Strategy?
1) Strategy is a plan or policy or line of action that is designed to achieve a larger purpose.
2) It establishes an overarching pattern of action and responses.
3) It helps in determining actions that an individual or an organisation may or may not take.

Contoh
Apple and 2 other Company with their strategy
Example: Apple Strategy and Micromax Strategy
They have different strategy

Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh perusahaanperusahaan untuk
memenangkan persaingan yaitu cost leadership , differentiation, and focus and other strategy
adalah innovation, alliance,growth and quality. Berikut pembahasan atas strategi tersebut :
1.       Cost Leadership Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi
biaya terendah dalam industry, dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari  pemasok,
dan menurunkan biaya ke pelanggan.
2.       Differentiation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang
unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain,
yaitu dengan cara : memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang
berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.
3.       Focus Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan
pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.
4.       Innovation Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam
berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
5.       Alliance Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama
yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain bahkan dengan para pesaing.
6.       Growth Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan danmendiversifikasi
pasar.
7.       Quality Strategy
Sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari produk atau jasa.

4. Lima macam kekuatan kompetitif
  • Daya Tawar Pelanggan.
  • Daya Tawar Pemasok.
  • Daya Rival KompetitorAncaman Penatang Baru.
  • Ancaman Subtitusi.
 

source : https://www.youtube.com/watch?v=k3QnbFIMfFc

0 komentar:

Posting Komentar