Mengenal Fungsi Resistor

Kali ini saya akan membahas tentang salahsatu komponen elektronika yang hampir pasti digunakan dalam setiap rangkaian elektronika, yaitu resistor. Resistor memiliki nilai hambatan yang biasa disebut Ohm (Ω). Nah, sekarang mari kita mengenal fungsi resistor lebih jauh..

Fungsi Resistor

Fungsi resistor yang utama adalah sebagai penghambat arus, maksudnya resistor dapat menurunkan arus output. Nilai hambatan akan berpengaruh sesuai dengan rumus I=V/R, semakin besar hambatannya, maka akan semakin kecil pula arusnya, dan juga berlaku sebaliknya

Jenis Resistor

Berdasarkan cara kerjanya, jenis resistor dibagi menjadi 2 yaitu Variable Resistor dan Resistor biasa

Jenis Resistor Biasa

Jenis resistor ini nilai hambatannya sudah ditentukan atau bersifat konstan, biasanya jenis resistor ini dibuat dari nikel atau karbon. jenis resistor ini  berbentuk seperti berikut :



Warna dari jenis resistor ini bisa bervariasi. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam jenis resistor ini, yaitu warna dari gelang. Warna warna tersebut mengindikasikan besarnya hambatan yang dimiliki resistor.

Cara membaca resistor



Gambar diatas adalah tabel resistor yang biasa digunakan untuk membaca resistor. lalu bagaimana cara membaca resisitor? Pada resistor ini terdapat beberapa gelang. Perhatikan warnanya dan urutannya.
Contoh :  coklat - orange - kuning - hitam - perak
cara membaca resistor tersebut :
  • gelang pertama memiliki nilai 1
  • gelang kedua memiliki nilai 3
  • gelang ketiga memiliki nilai 4
  • gelang keempat memiliki nilai multiplier 1Ohm
  • gelang kelima memiliki nilai toleransi 0,05%
Jadi nilainya adalah 134 x 1Ohm , 0,05% = 134 Ohm dengan toleransi 0,05%

Jenis Resistor Variable

Jenis resistor yang kedua adalah variable resistor. Resistor jenis ini nilainya bisa bervariasi, oleh karena itu dinamakan variable resistor. Jenis resistor ini dapat dirubah nilai hambatannya dengan memutar trigger resistornya.


Itulah fungsi resistor, jenis jenis resistor serta cara membaca resistor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk melihat post yang lainnya di fuad-dary.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar